2 hari di kota labirin

17 Agustus bagi Indonesia merupakan hari yang sangat bersejarah. 63 tahun yang lalu pada tanggal yang sama sebuah peristiwa yang besar telah terjadi yaitu pengumuman proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Dua tokoh yang bertindak sebagai proklamator adalah Soekarno dan Hatta. Dan mulai saat itu Indonesia bukan lagi menjadi negara yang dijajah akan tetapi negara MERDEKA.

Sekarang setiap taggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Banyak yang dilakukkan masyarakat untuk menyambutnya mulai dari lomba-lomba, menghias kampung dengan mengecat atau memasang bendera-bendera hingga mengadakan malam tirakatan yang biasanya di lakukkan di pos ronda masing-masing rt/rw (secara sekarang pos ronda segede gaban gan kecil2 kayak dulu soalnya biasanya digabung dengan ruang serbaguna rt/rw)

Malam Tirakatan biasanya diadakan pada malam 17 Agustus atau malam hari tanggal 16 Agustus. Tempat yang digunakan untuk mengadakan acara tersebut adalah pos ronda. Akan tetapi post ronda yang segede gaban masih belum cukup untuk menampung orang yang sekitar 50 Kepala Keluarga (mungkin sekitar 120 orang) sehingga masih harus ekspansi ke jalan di sebelah pos ronda.

Karena ekspansi dan tiap rt masing-masing mengadakan malam tirakatan sendiri-sendiri tentu saja membuat banyak jalan di tutup terutama di daerahku yang merupakan perumahan. Banyak jalan yang di tutup ini menyebabkan kampungku, kotaku secara otomatis berubah menjadi labirin. Untuk keluar atau masuk saja harus melewati jalan memutar (tidak bisa melewati jalan biasanya dikarenakan jalan di tutup)

labirin

labirin

Lambang di larang masuk bukan lagi menjadi hal yang langka. Banyaknya panggung yang di bangun dalam kampungku seperti kacang goreng (ada di mana-mana). Terpaksa harus melewati jalan tikus (gang-gang kecil) itupun ada juga jalan tikus yang di tutup. wheewww ……. Untuk pertama kalinya mengalami jalan buntu atau tersesat hingga beberapa kali. Tapi setelah mengetahui jalan-masuk dan jalan keluar yang bagus akhirnya lewat jalan itu aja terus (sama kayak perilaku tikus). Untung aja kota labirin ini hanya 2 hari saja (tgl 15-16). Dan ku berharap semoga 2 hari ini cepat berlalu dan semuanya akan kembali seperti semula dalam keseimbangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: