Masa Orientasi Murid (MOM)

MOM MOM atau yang lebih di kenal dengan Masa Orientasi Murid Baru. MOM untuk tahun ajaran 2010/2011 kebanyakan di mulai dilaksanakan pada hari ini (12/07) dan dilaksanakan selama sepekan. Pada hari pelaksanaan biasanya akan muncul keanehan yang di buat-buat seperti banyak orang yang melakukan kuncir rambut secara berlebih, menggunakan kaos kaki berbeda warna, menggunakan atribut kardus untuk aksesoris yang kebanyakan kurang ada esensinya.
Panitia semestinya membimbing mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia baru dalam hal ini sekolah. Tapi memang ada beberapa oknum dari panitia MOM yang salah satu tujuan menjadi panitia adalah untuk ajang balas dendam kepada adik kelasnya di karenakan mereka diperlakukan demikian oleh kakak kelasnya terdahulu sehingga dia harus melakukan hal yang sama juga terhadap adik kelas yang baru menginjakan kaki di sekolah baru tersebut.


MOM sebenarnya bisa digunakan sebagai tahap awal dalam pengembangan murid untuk lebih mengenal apa yang akan di lakukannya pada 3 tahun kedepan. Misalnya kita bisa menanamkan kejujuran atau bahwasannya kejujuran merupakan hal yang di jujung tinggi oleh institusi sekolah itu, sehingga untuk masalah kejujuran ini mendapatkan porsi yang lebih jika di bandingkan dengan porsi yang lainnya. Salah satu cara penanaman sejak dini tentang kejujuran misalkan dengan membuat murid mengakui sendiri siapakah yang tidak membuat pengerjaan rumah dan lain sebagainya.
Bisa juga dengan penanaman tentang bangga dengan hasil karya sendiri. Salah satu cara penanaman sejak dini menganai bangga dengan hasil karya sendiri adalah dengan memberikan reward atau memberikan nilai lebih dari pengerjaan yang dilakukan dengan sendiri / tidak dengan mencontek. Sedangkan yang dilakukan dengan hasil mencontek di berikan nilai 0 sehingga memberikan sanksi bagi pelanggar.
Dengan mengelola MOM dengan baik maka akan didapatkan output yang sesuai dan sudah siap dengan kondisi peraturan yang ada di sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: