Teknologi dan Pencari Kerja

Dahulu saat orang semasa sekolah atau kuliah hanya dibatasi oleh pengetahuan guru/dosen dan buku yang ada di perpustakaan sekolah atau kampus untuk mendapatkan referensi suatu materi. Dengan resource yang terbatas tersebut membuat perkembangan ilmu pengetahuan merangkak naik sedikit demi sedikit. Dengan berkembangnya internet, terjadi perubahan yang cukup signifikan termasuk dalam bidang pendidikan. Dimana materi bisa di dapatkan di internet dengan sangat mudahnya. Orang bisa langsung mengakses ke sumber-sumber informasi yang terpercaya tanpa terbatasi dengan mahalnya buku dan penyampaian informasi yang hanya sebagian oleh penyampai materi.

Untuk para pencari kerja, dahulu hanya mengandalkan informasi yang ada pada media cetak dan radio, dengan adanya internet banyak sekali informasi mengenai lowongan pekerjaan hampir di update setiap hari. Daya jelajah seorang pencari kerja pun tidak hanya di level lokal saja melainkan bisa internasional walaupun posisinya berada pada desa yang terpelosok sekalipun.

Lebih berkembang lagi sekarang, akses informasi melalui internet tidak harus bertatap muka dengan komputer atau harus pergi ke warnet. Cukup dengan menggunakan peralatan handphone yang dilengkapi dengan aplikasi browser sudah cukup untuk berselancar dan mencari informasi yang dibutuhkan. Dukungan dari operator yang menawarkan tarif murah untuk mengakses internet dengan menggunakan handphone semakin menambah antusiasme masyarakat mengenai penyebaran informasi.

Layanan Short Message Service (SMS) menjadi salah satu layanan yang bisa dinikmati. Pencari kerja hanya mendaftarkan nomor yang digunakan kepada penyedia layanan SMS Pencari Kerja maka secara otomatis apabila ada perkembangan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru akan langsung diketahui para pencari kerja dengan pengiriman informasi melalui SMS. Pencari kerja tidak perlu lagi disibukkan dengan harus mencari-cari informasi lowongan kerja karena melalui handphone mereka sendiri informasi tersebut dikirimkan. Dan masih banyak lagi layanan yang bisa digunakan oleh para pencari kerja.

ECC UGM adalah Career Center yang yang berbasis di Universitas Gadjah Mada. Moto ECC UGM adalah menjadi pusat informasi karir yang lengkap dan terpercaya. Kami terbuka bagi semua perusahaan (employer) dan juga untuk para calon pencari kerja(jobseeker) dari universitas manapun untuk bergabung. ECC UGM merupakan salah satu website yang menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja.

ECC UGM mengundang para pencari kerja untuk bergabung dalam Career Days VIII pada bulan Februari ini. So time to hunting!! Jangan sampai tidak datang ya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: