POTENSI PRENEUR

POTENSI PRENEUR

Setiap orang memiliki bakat atau potensi kekuatan (strengths). Di sisi lain setiap orang juga memiliki kelemahan (weakness). Kekuatan dan kelemahan merupakan sesuatu yang pasti melekat di dalam diri setiap orang.

Bakat atau potensi kekuatan pada diri seseorang dapat dijadikan sumber ide usaha. Atau bisa juga dikatakan bakat yang diekspresikan ke dalam bentuk aktivitas wirausaha. Inilah yang kami sebut “potensipreneur”

Namun sayangnya tidak banyak orang yang menjalankan akivitas sehari-harinya memanfaatkan bakat atau potensi kekuatan yang dimilikinya tersebut. Padahal jika aktivitas yang dijalaninya merupakan ekspresi dari potensi yang dimilikinya, maka insya Allah, orang itu akan sukses.

Ada banyak bukti baik berupa pengalaman nyata, pendapat pakar, maupun hasil penelitian bahwa pengusaha atau profesional yang sangat sukses disebabkan karena bidang usaha atau bidang profesi yang digeluti terkait langsung atau tidak langsung dengan potensi diri, kemampuan, kekuatan, bakat atau talenta alami yang dimiliki.

  • Thomas Stanley melakukan penelitian selama sekitar 20 tahun, dari tahun 1980 sampai tahun 2000. Bertahun-tahun ia mengumpulkan data, wawancara, laporan riset, dan survei. Hasil penelitiannya yang lama itu, ia tuangkan di bukunya yang berjudul The Millioner Next Door dan Millioner Mind. Satu diantara sekian banyak kesimpulan hasil penelitian tersebut adalah: 81% dari 733 pengusaha dan profesional yang sukses memilih profesi, karir, atau usaha yang memungkinkan penggunaan kemampuan atau bakat mereka sepenuhnya.
  • T Harv Ekerm dalam “The Secrets of Millionaire Mind” yang menjadi best seller menurut New York Times, Wall Street Journal dan USA Today Best Seller menulis, “The key to success is to raise your own energy; when you do, people will naturally be attracted to you. WEALTH PRINCIPLE: Your income can grow only to the extent you do!” (Terjemahan bebasanya : “kunci sukses adalah mengaktualisasi energi Anda; ketika Anda mengaktualisasi energi ini, orang-orang secara alami akan tertarik dengan diri Anda. Prinsip kekayaan: pendapatan Anda akan berkembang hanya jika Anda mengaktualisasi energi Anda itu.”)
  • Penelitian (Hodges, 2003; Seligman, Steen, & Peterson, 2005) menunjukkan bahwa bekerja sesuai dengan potensi kekuatan atau bakat:
    • 59% orang mengalami perubahan yang lebih baik.
    • 60% orang lebih memiliki optimisme..
    • Orang merasa lebih puas dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan cara memanfaatkan kekuatan yang mereka miliki.
    • 60% orang merasa lebih produktif baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam bekerja.
    • 60% orang merasa lebih percaya diri.
    • Orang merasa lebih bahagia dan berkurang gejala depresi.
  • Kreativitas merupakan salah satu kunci sukses berwirausaha maupun dalam menekuni karir. Marcus Buckingham, yang telah melakukan penelitian bertahun-tahun mengatakan bahwa ada kaitan langsung antara potensi kekuatan dengan kreativitas. Dalam bukunya “Go Put Your Strengths to Work”, Buckingham mengatakan,”You may not be creative in all aspects of your life, but whatever your general level of creativity may be, you will be at the peak of your creative powers in your areas of strength.” (Anda mungkin tidak kreatif di semua bidang, tetapi secara umum tingkat kreatif Anda, tetapi kreativitas Anda mencapai kekuatan puncaknya ketika Anda beraktivitas di wilayah kekuatan Anda).

Itulah beberapa bukti dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa fokus ke bakat atau potensi kekuatan merupakan kunci kesuksesan.

Nah, “potensipreneur” merupakan sebuah cara untuk terfokus pada aktivitas yang terkait bakat atau potensi kekuatan, yang dilakukan dengan cara berwirausaha atau berprofesi. Jadi “potensipreneur” adalah berwirausaha atau berprofesi dimana ide usaha atau ide profesi bersumber dari bakat.

Untuk lebih jelasnya silakan mengunjungi website ini :

http://bit.ly/jnPSEq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: