Ingress – Game jalan jalan

Ini adalah cerita suka duka dalam bermain game Ingress.

logo-ingress

Saya menggunakan nama akun @jkoke, pertama mengenal game ini dari teman satu SMA sy waktu ketemu di kantor (@JanPerson). Ingress ini nama gamenya. merupakan sebuah game yang mungkin berbeda dengan game yang sebelumnya ada. kebanyakan game sebelumnya hanya duduk sambil pegang konsol / hp menikmatinay hingga sampai selesai tanpa meninggalkan tempat. Sedangkan game Ingress berbeda. karena penggunakan perangkat GPS sebagai salah satu perangkat wajibnya game ini mengharuskan pemainnya untuk berpindah tempat.

Saya mulai memainkan game ini sekitar 2 tahun yang lalu, (tepatnya sy lupa tp klo di lihat dari badge yang dimiliki sih seperti itu😀 ) Saya memilih faksi biru (resis). Game ini ternyata tidak bisa di mainkan sendiri, dibutuhkan sebuah kerjasama dari pemain yang lain. Sebagai misal jika bermain sendiri maksimal level portal hanya 5, sedangkan untuk membuat portal lvl 8 (maksimal lvl portal) dibutuhkan pemain lvl 8 berjumlah 8 orang. Sehingga dengan sendirinya terbentuk komunitas game.

Game ini membutuhkan kekompakan, strategi, dan koordinasi yang baik untuk menghasilkan hasil yang maksimal atau merancang sesuatu atau sering di sebut dengan ops. Biasanya ops di rancang beberapa hari atau mungkin beberapa bulan. Koordinasinyapun bisa melibatkan antar kota, antar provinsi atau mungkin antar negara.

Ops paling besar yang pernah saya ikuti adalah yang melibatkan antar negara : indonesia, philipina, malaysia, singapura, india, srilangka yaitu saat event Abadon. Kebetulan saya saat itu bertugas sebagai pembuka blok link yang memblok antara indonesia dan philipina. Selebihnya saya hanya menjalankan game sesuiai dengan kegiatan aktivitas harian saya. Saya bukan tipe pengejar badge jadi ya dapetnya cuman sedikit badgenya, hehe … alasan saja😀

Untuk dukanya saya pernah jatuh dari kendaraan akrena rem mendadak dan hanya memegang kendali motor dengan satu tangan, sudah parkir minggir malah di tabrak mobil, di curigai satpam karena aktivitas mencurigakan, ditanyain warga karena masuk gang sempit malem dengan aktivitas gak jelas. dalam game ini juga di tuntut sebuah kepekaan sosial dimana harus menghormati daerah tertentu (ada daerah yang masuk harus di tuntun kendaraannya / tidak boleh di naiki), memutar otak bagaimana harus bisa masuk kawasan tertentu yang memiliki ketentuan tersendiri, dll. Selalu diingatkan oleh yang lain bahwasannya keselamatan adalah hal yang lebih utama.

Untuk sukanya lebih banyak lagi. Kenalan baru dari berbagai unsur, misal : dokter spesialis, sales, guru, mahasiswa, pelajar, anggota band, bakul hik, seperti prinsip sekali kenal saudara selamanya … (kata kak tyo – co leader solo :D)

Klo ketemu faksi lawan (hijau) untuk pemain baru biasanya agak segan, tapi di komunitas solo di tanamkan kepada para pemain baru untuk pemain lawan kalo ketemu ya disapa, minim say hello klo bisa salaman atau bahkan sampai ngobrol bareng malah bisa lebih asyik lagi. Ingat ini hanyalah sebuah game, jangan sampai di dunia game musuhan sampe terbawa ke dunia nyata. Kekancan luwih utama.

lvl16

Beberapa hari yang lalu (28 Nov 2016) alhamdulillah saya sudah masuk naik level 16. Kalo di area saya termasuk urutan kedua naik ke level tertinggi (sementara pada waktu ini). Untuk statistik pada saat level 16 ada di gambar di bawah ini :

statlvl16

Dengan melihat statistik ini mungkin orang yang sudah bermain bisa menyimpulkan bagaimana cara bermain saya. Terima kasih untuk seluruh rekan yang telah ikut membantu baik secara langsung maupun tidak langsung.

@jkoke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: