Anak Kecil Itu ….

Ketika hujan mengguyur di sebelah utara kota bengawan di sore hari. Aku langkahkan kakiku untuk memenuhi kewajibanku juga sebaagai bekal investasi akhir. Dengan payung berukuran sedang kugunakan untuk menahan hembusan angin disertai air yang turun dari langit kulangkahkan kakiku dengan tak lupa mencincing celanaku (biar gak basah bro). Di tengah perjalanan di penggir jalan tampak ada dua orang anak kecil yang sedang berteduh di depan garasi sebuah kantor. Sang kakak seorang perempuan berumur sekitar 9-10 tahun (sekitar umuran anak kelas 4 SD) dan adik lelaki yang berumur sekitar 6 tahunan (sekitar kelas 1 SD).

Anak tersebut tak samperin soalnya kenal. Aku bilang : “dik, mau kemana?” Kakak menjawab : “dari TPA mau pulang kak”. “Rumahnya di mana?”, balasku. “Di situ Malabar Tengah”, balas kakak. Jarak tempat berteduh dengan rumahnya mungkin tidak sampai 200M, dia bawa payung yang berukuran besar (lebih besar dari payung yang ku bawa yah … kalo untuk berdua anak kecil bisa di katakan cukuplah). Kemudian aku bertanya lagi : “Gak pulang?”. Kakak menjawab : “Nunggu hujan reda … “. dalam hati aku berfikir, bukannya ni anak bawa payung yang besar aku pikir mungkin gak berani pulang sendiri. Coba ku tawarkan untuk pulang bareng tak anter sekalian bareng ama aku soalnya rumahnya sejalan dengan arah yang ku tuju. Kakak menolak dengan halus, “Tidak kak terimakasih, pesen ibu kalo hujan berteduh saja”. Aku berkata : “Gak papa bareng kan searah”. Kakak menolak lagi : “Tidak terima kasih kak,kata ibu suruh berteduh saja kalau hujan”. Sungguh jawaban yang membuat aku merasa sangatsalut atas kakak beradik ini. Jawaban yang mungkin bagi sebagian orang merupakan terlalu aneh. Kalo menurutku susah cari orang yang seperti ini.

Read more of this post

Mengharukan, Menyenangkan, Melelahkan

Tak kusangka kemare tlah melawati 2 hari yang mengharukan, 2 hari yang menyenangkan dan tentu saja 2 hari yang melelahkan. Hari Minggu kakakku Melaksanakan ikatan yang suci yaitu sebuah perkawinan dapet orang cemani. Dalam undangan bertuliskan tinta emas tertulis Aynus Cholilawati, SE dengan H.Bambang Kistono,SH. acaranya berlangsung 2 kali yaitu ijabnya dilaksanakan pagi hari pukul 10 di rumah yang perempuan. Waktu ini aku jadi pengiring manten (yang bawa mahar-nya waktu serah terima). Acaranya sendiri berlangsung baek diucapkan cuman sekali langsung sah. (dah di hapalin sejak beberapa hari yang lalu soalnya). Trus selesai acara langsung pulang ke Klaten deuy (rumahnya babe). Sorenya berangkat lagi habis magrib. gak tahunya sampe di tempat resepsinya udah telat jadi langsung masuk aja. Kalo yang di sini kerjaanku adalah meyusun orang yang mau foto2 baren ama pengante. mulai dari bude, pakde, bulek, simbah, sama rekanan dari orang tua semuanya ngantri satu-satu. Imbasnya dapet makan cuman sedikit gak bisa ngobel 😥 akhirnya sampe malem langsung pulang ke Solo sedangkan penganten pulang ke rumah pihak perempuan. Diakhiri dengan foto keluargaku dengan aku berdiri di posisi sebelah penganten … hihihi jadi pengen.

Di hari kedua ni pernikahannya temen dolan, temen ngobrol, temen ‘duel’. Maharani Ika Nurhayati, SP dengan Muhammad Ibrahim Setyautama, ST. Kalo yang ini acaranya di Bantul Jogjakarta. Dikarenakan sesuatu hal akhirnya aku berangkat bareng ama kakaknya temenku yang mo nikah ama calonnya adek perempuannya yang juga mo nyusul. Di tengah perjalanan tenyata diriku tertinggal jauh. soalnya dikirain masih di belakang jadi jalannya pelan2 eh waktu ku telpon ternyata dah sampe klaten kota padahal aku baru sampe daerah delanggu. (Capee deh …. ). Terpaksa harus ngebut sekuat tenaga. Hitung-hitung cobain motor metik (punya adek hehehe.. ) dan baru terkejar waktu mo masuk jogjakarta (jauh amat), ternyata waktu sampe sana datengnya paling duluan. Acaranya jam 10 tapi dah sampe jam 9 kurang karena terlampau kelaparan akhirnya nyoto dulu.

Read more of this post

Family Gathering

Hari ini ada acara Family Gathering di kediaman Bapak (karena sekarang dah punya istri so panggilnya pake gelar Bapak) Tri Wahyu Yunianto (kalo orang Bandung bilangnya pak TW, kalo keluarga panggilnya Tri, tapi kalo di rumahnya sekarang di panggil mas Wahyu, kalo aku lebih sering panggil Yuni) aku dateng pukul 09.45 padahal acaranya dimulai pukul 09.00 ternyata aku datang urutan ke dua, setelah tuan rumah tentunya.

Sebelumnya Family Gathering adalah acara kumpul keluarga yang diadakan oleh penduduk solo (khususnya yang udah berkeluarga, trus kok aku bisa ikut …. ? ya karena di undang katanya mo dikasih wejangan dari para bapak-bapak sesepuh yang udah menyempurnakan setengah agamanya). Konsep acara sebenarnya adalah kumpul acara antar keluarga untuk mempererat ziarah (kalo dalam bahasa kerennya silaturahmi, karena silaturahim sebenarnya untuk yang memiliki hubungan darah sedangkan untuk yang tidak memiliki hubungan darah menggunakan istilah ziarah. tapi karena di indonesia lebih sering digunakan untuk ziarah kubur … ?). Acara inipun sebenarnya tidak teragendakan karena ya kebetulan aja pak Arif 35 kemaren di telpon ternyata posisinya waktu di solo jadi yang langsung di buat acara dadakannya aja sekalian kemaren gak bisa dateng ke acara walimahannya tanggal 9 di Tegal kemaren.

Read more of this post

Hari Bersabar

Hari ini banyak sekali kejadian yang kualami. Yang menjadi tidak karuan jadwal yang telah di rancang ternyata hampir 80 % meleset.

Pagi hari waktu mo rencana berangkat ke pernikahan temanku di Semarang tidak boleh sama ibuk. Yaudah akhirnya berangkat ama temen-temen survei buat penyaluran banjir akhirnya di dapat di daerah mojolaban ama daerah kaplingan. langsung siangnya belanja peralatan yang mau di sumbangin (kompor, minyak, buku, bolpen, pencil, dll)

Siangnya ada ketemuan ama team. Pertemuan direncanakan jam 13.30, waktu jam 13.00 sebenarnya udah siap siap mo berangkat tiba-tiba disuruh jaga saudara (anaknya bulek umur 3 tahun) katanya bulek mau pulang sekitar jam 14.00 akhirnya ku telpon ama team dateng terlambat soalnya musti momong dulu. setelah sekitar jam 14.00 kok bulek gak pulang-pulang padahal dah ditunggu ama team mo ketemuan ama orang penting. Akhirnya aku susul adekku buat gantian jaga. Dengan segera aku meluncur menuju ke tempat pertemuan. akan tetapi di tengah jalan ternyata mendapatkan halangan lagi. Aku nabrak anak SMP (cewek naek motor boncengan berdua). Lampu depan Spider Bike-ku pecah, tedeng kiri patah, alhamdulillah saya cuman lecet sekitar 1 cm luka di tangan.

Read more of this post

Happy Birthday New Year

24 tahun yang lalu diriku dilahirkan di sebuah kota yang bernama Sukoharjo.

Hari ini dimulai dengan sebuah SMS yang masuk pukul 00.04 mengucapkan :

“Bro, met milad yg k-24 y. Smg Allah senantiasa memberikan sisa mur yang barokah, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, dimudahkan dalam mendapatkan jodoh. Cepetan nikah sebelum terlambat”

dan ternyata SMS itu satu-satunya yang masuk dalam HPku selama hari ini.

Read more of this post

Perkenalan

Assalamu’alaikum

Tulisan pertama ini ditulis pada penghujung tahun 2007

Pada hari ini alhamdulillah saya sekeluarga (bapak, ibu, mas, adik) semuanya kumpul di rumah di tambah bude ama bulek. Mungkin kalau di hitung-hitung sudah 2 bulan lebih saya tidak berkunjung ke tempat orang tua di daerah klaten.Tadi sempet juga minta doa restu dari ortu + saudara yang lain. Oh ya kebetulan saya besok genap berusia 24 tahun. sebenarnya sih gak minta untuk di rayakan tapi gak tahu kenapa hampir semua orang di seluruh dunia merayakan.

Dah gitu dulu wae perkenalan diriku ini. Ni cuman sekedar tulisan buat mengisi kekosongan aja. Kalau ada salah kata minta maaf.

Wassalamu’alaikum