Pajak 1 Tahunan Samsat Solo

Sudah sekian lama kayaknya tidak pernah mengunjungi blog ini lagi. Mumpung ada waktu sekalian untuk tambahan catatan pribadi, siapa tahu bisa dijadikan referensi untuk rekan-rekan sekalian.

Hari ini, Jumat, 21 Oktober 2016 saya mencoba mengurus sendiri pajak tahunan kendaraan bermotor. Kebetulan bukan harus ganti plat nomor (setiap 5 tahun) sehingga prosesnya begitu cepat. Saya datang untuk mengurus pajak di kantor SAMSAT Surakarta sampai di lokasi sekitar pukul 07:30. Hal yang perlu disiapkan adalah STNK asli dan KTP asli dari atas nama pemilik kendaraan bermotor. Setelah memarkirkan kendaraan saya langsung masuk ke gedung utama.

Di sini biasanya sudah banyak orang yang mengantri untuk membayar pajak. (kalau bisa usahakan sebelum jam 8 pagi sudah datang). Langsung silakan menuju pojok selatan timur (tempat informasi) biasanya sudah banyak tumpukan STNK dan KTP di wadah yang sudah dipersiapkan. Tumpukan tersebut juga merupakan tumpukan antrian jadi jangan berusaha mengangkat tumpukan atau berusaha menyelipkan STNK dan KTP anda karena akan berakibat protes dari orang yang sudah mengantri lama. Budaya antri di sini sangat dibutuhkan sekali🙂

Sekitar hampir jam 8 petugas sudah mulai menempatkan diri pada posisi masing-masing. di ruang informasi yang tadi tempat mengumpukan KTP sudah ada petugas yang mulai memanggili dan memilah. Untuk pajak yang 5 tahun diarahkan ke loket 1, untuk pajak kendarahaan 1 tahunan (tidak terlambat) langsung dibagikan nomor antrian. Ini seperti tim verifikasi data dan tim pensortir dokumen.

Tepat jam 08:00 bagian pembayaran memanggil sesuai nomor antrian yang sudah dibagikan di bagian informasi, menyerahkan KTP dan STNK asli langsung membayar pajak sesuai dengan yang tertera.  Saya kebetulan dapat nomor antrian A024 sehingga menunggu antrian di panggil. Setelah di panggil langsung di bayar dan selesai seluruh prosesnya. Saya selesai sekitar pukul 08:30. Cepat sekali ternyata mengurus sendiri pajak kendaraan tahunan di SAMSAT Surakarta.

Monggo untuk temen-temen bisa mengurus sendiri pajak karena ternyata sangat mudah dan cepat. Kata kunci dari pengurusan ini adalah datang pagi, bawa dokumen yang asli, urus sendiri.

Tambahan informasi untuk rekan-rekan yang ingin mengurus tetapi tidak di kantor samsat bisa mengurus di samsat keliling. berikut informasi mengenai samsat keliling.

jadwal-samsat-keliling-solo

Terkait apa yang harus dibawa atau disiapkan jika mengurus di samsat keliling coba nanti tunggu dulu. Mungkin di lain kesempatan saya coba untuk menggunakan layanan di samsat keliling. Atau mungkin rekan ada yang sudah mencoba bisa share infonya di bawah ini.

Matur nuwun …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: